Senin, 19 Maret 2018

COPYWRITTING RANDOM "MAKANAN KHAS JAWA TIMUR"

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Balik lagi di postingan ke 3 saya. Kali ini saya akan mengulas tentang Makanan. Wah makanan ya, keliatannya enak ini untuk dibaca. Yuk jangan lupa siapin minuman dan jangan lupa makanannya juga ya. Di Indonesia banyak sekali makanan khas tiap Daerah masing-masing. Akan tetapi saya akan mengulas tentang makanan khas Jawa Timur. Karena saya asli lahir di Jawa Timur, jadi saya akan mengulas makanan daerah ini. Oke saya berikan makanan khas Jawa Timur yang dijamin lezat dan mantap.


Rawon




Rawon atau bahasa kerennya adalah Black Soup adalah makanan yang berkuah hitam ini salah satu makanan khas Jawa Timur hingga sudah tersebar di luar daerah Jawa Timur. Ciri khas yang tak pernah terpisahkan dari makanan ini adalah kuah hitam yang dari kluwek dan tauge mentahnya. Tauge sendiri memberikan sensasi sayur segar saat mulut sedang melumat daging sapi. Tak luput juga kerupuk udang juga tersaji untuk menambah kelezatannya. Makanan ini sangat cocok disuguhkan dalama keadaan panas. Makanan ini pula sering disajikan saat ada hajatan.

Lontong Kupang



Makanan khas Jawa Timur selanjutnya yaitu lontong kupang. Lontong kupang ini biasanya berisi sate kerang, lontong, bola-bola lento, dan kupang itu sendiri. Sekilas, melihat kupang mungin nampak seperti kacang hijau, akan tetapi sebenarnya kupang adalah jenis hewan. Kupang putih didapatkan di laut dangkal dan bercampur lumpur. Hidangan ini biasanya dijajakan saat siang hari. Baik di warung maupun pedagang kakilima banyak yang menjual makanan asli Sidoarjo ini. Kuah kupang bercampur sambal petis akan memperkaya rasa asam, pedas, dan manis.

Rujak Cingur



Ya selanjutnya adalah makanan kesukaan saya. Rujak cingur adalah berbeda dengan rujak sayur. Yang membedakan rujak cingur dan rujak sayur adalah adanya tambahan cingur. Cingur adalah mulut sapi istilah dari bahasa Jawanya adalah congor. Dalam satu porsi biasanya penjual hanya memasukkan 4-5 irisan cingur saja. Selebihnya diisi dengan lontong, tauge, kangkung, tahu, tempe, kerupuk putih serta bumbu rujaknya. Rujak cingur yang disajikan dalam cita rasa pedas akan menggugah selera.

Pecel Semanggi



Semanggi merupakan jenis sayuran yang biasanya ditemukan di sawah-sawah. Biasanya masyarakat menggunakannnya untuk sayur semanggi. Semanggi sendiri merupakan ikonik dari kota Surabaya. Kalau wisatawan yang berkunjung ke Surabaya pasti membawa oleh-oleh semanggi. Semanggi sendiri biasanya menjadi makanan berupa pecel semanggi. Pecel ini sama dengan pecel-pecel lainnya hanya saja ada sayur semngginya yang telah dikukus sebagai isi utamanya bersama kerupuk puli atau peyek dan bumbu pecel nan pedas cocok untuk sarapan kamu bila singgah ke Surabaya.

Nasi Tumpang




Kalau yang ini adalah makanan khas kota Kediri, yaitu nasi Tumpang. Tumpang adalah sebutan untuk kuah siram yang terbuat dari tempe busuk. Jangan berpikirian yang aneh-aneh dulu guys. Ya tempe busuk tersebut difermentasikan dan diolah bersama bumbu dasar seperti bawang, cabai, garam, dll. Walaupun terbuat dari tempe busuk, rasanya tidak sebusuk itu loh. Kelezatan dari makanan ini biasanya dinikmati sebagai menu sarapan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar